Tips Sederhana Mengurangi Rasa Gugup


 

Setiap orang pasti punya rasa nervous atau gugup ketika tampil di depan publik. Misalnya saja, mahasiswa yang sedang mengerjakan presentasi di depan kelas, ketika berhadapan dengan  dosen pembimbing, ketika berhadapan dengan “ seramnya “ calon mertua dan masih banyak lagi contoh lainnya. Bagaimana cara mengatasi rasa gugup tersebut ?? Disini saya akan memberikan beberapa tips sederhana yang menurut pengalaman saya bisa memberikan pencerahan kepada anda untuk mengatasi rasa gugup yang melanda diri anda.

1.     Berdoa
Berdoa menjadi salah satu faktor penting bagi anda yang ingin mengatasi rasa gugup anda. Bukan rahasia umum lagi kalau berdoa bisa menghadirkan rasa nyaman dalam diri kita.

2.     Minta Restu Orang tua
Dalam menghadapi rasa gugup restu orang tua juga sangat penting bagi diri kita. Doa dan restu orang tua akan memberikan rasa nyaman dalam diri kita untuk menjalani aktivitas sehari – hari. Contoh sederhana misalnya ketika ingin berangkat ke sekolah atau ingin pergi kuliah ucapkan salam atau cium tangan kepada orang tua. Hal kecil seperti ini sebenarnya mempunyai efek yang besar di diri kita dalam menjalani aktivitas. Hal ini sudah saya terapkan ketika akan menjalani aktivitas saya seperti berhadapan dengan dosen pembimbing maupun ketika akan pentas di atas panggung.

3.     Dukungan Teman
Dalam menjalani aktivitas kita sehari – hari, tentunya kita akan berhadapan dengan orang lain selain keluarga kita. Termasuk teman – teman dekat yang menemani aktivitas kita. Dukungan dari teman juga bisa menjadi motivasi diri dalam mengatasi rasa gugup. Dukungan dari teman disini bisa juga termasuk teman terdekat atau mungkin pasangan anda. Tentunya dukungan dari pasangan sendiri ( jangan pasangan orang lain :D ) akan membuat anda lebih bersemangat dan akan mengurangi rasa gugup anda.

4.     Jernihkan Pikiran
Rasa gugup datang ketika kita dilanda kecemasan yang berlebihan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjernihkan pikiran kita dengan tenang. Cara sederhananya adalah dengan menghirup dalam – dalam udara melalui hidung kita dan lepaskan lewat mulut kita ( jangan lepas lewat yang lain :D ). Lakukan 3 kali secara perlahan – lahan. Setelah beberapa saat lakukan lagi hal yang sama secara perlahan – lahan.

5.     Persiapan
Rasa gugup muncul ketika kita belum merasa siap akan sesuatu. Hal ini menjadi penting karena persiapan yang baik akan membuat diri anda lebih baik dalam menjalani aktivitas anda. Persiapan yang baik akan membuat mental anda dalam menghadapi sesuatu akan baik pula. Misalnya ketika anda akan melakukan presentasi, persiapkan presentasi anda dengan sebaik mungkin. Hal ini akan memberikan rasa tenang dalam diri anda.
           
Mungkin itu beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Tips ini berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika saya merasa gugup dalam menjalani aktivitas sehari – hari seperti ketika akan presentasi, melakukan kegiatan praktek dalam kuliah, ataupun ketika akan melakukan pentas di atas panggung. Dan jangan lupa .....




Image by dingosbreakfast

Komentar

  1. Keren tipsnya akak
    Saya sudah sedikit membuktikannya... Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta

Seni Peran 1

Pesona Pantai Selok Kabupaten Malang